TIMELINE

GET TO KNOW: Margarin, Mentega, Butter, dan Roombutter

29 January 2018

Hai Sahabat Harriette!
Kali ini kami akan membahas hal yang cukup sering menjadi pertanyaan para peserta kursus di sini ya ^^
“Apa bedanya margarin, mentega, butter, dan roombutter?”


Foto diambil dari http://fhionnalee.blogspot.co.id/

 

1. MARGARIN


Foto diambil dari http://www.informatia-zilei.ro/

Perbedaan mendasar dapat dilihat dari bahan utamanya. Margarin terbuat dari lemak nabati yang umumnya berasal dari kelapa sawit. Proses yang digunakan untuk membuat lemak nabati menjadi margarine adalah hidrogenasi yaitu mengubah liquid
minyak nabati cair menjadi solid bentuk beku dengan bantuan gas hidrogen. Margarin masih tahan di suhu 35 derajat dan tidak meleleh.


Margarin memiliki tekstur yang lebih keras sehingga kue yang dihasilkan biasanya lebih cepat mengeras. Warna margarin biasanya lebih kuning karena mengandung zat pewarna alami tambahan yaitu karotenoid.
Margarin memiliki daya emulsi yang bagus sehingga membuat tekstur kue lebih bagus dan kokoh. Karena bahan dasarnya nabati, harga margarin cenderung lebih terjangkau.


2. MENTEGA / BUTTER


Foto diambil dari www.snopes.com


Mentega dan butter adalah sama, hanya perbedaan bahasa saja. Bahan dasar butter adalah lemak hewani yang biasanya berasal dari susu sapi. Kandungan lemak dari susu sapi dalam butter adalah sekitar 80%. Butter diciptakan kurang lebih 4000 tahun yang lalu dengan konsep dasar memisahkan lemak dari susu dan mengocoknya terus hingga memadat.

Mentega / butter lebih mudah meleleh bila diletakkan di suhu ruang sehingga penyimpanannya pun harus diletakkan di dalam lemari pendingin. Tekstur mentega lebih lembut, aromanya lebih harum, serta memiliki warna yang lebih pucat daripada margarin.

Secara keseluruhan rasa dari butter lebih gurih. Umumnya mentega dibedakan menjadi dua yaitu salted dan unsalted berdasarkan kadar garam di dalamnya. Sifat mentega membuat kue yang dihasilkan dengan bahan mentega lebih lembut
dan kelembutannya dapat bertahan lebih lama setelah beberapa hari.

 

3. ROOMBUTTER


Foto diambil dari http://www.ohmyfoodness.nl/

Roombutter berasal dari kata bahasa Belanda ‘Roombotter’ yang artinya mentega. Roombutter memang sebenarnya sama dengan butter, bedanya hanya roombutter tidak meleleh di suhu ruang. Aroma roombutter lebih kuat dari butter.

Biasanya roombutter dikemas dalam bentuk kemasan kaleng. Penyimpanan tidak perlu diletakkan di dalam lemari pendingin seperti butter namun diusahakan tetap tertutup rapat.

 

Nah sekarang para sahabat Harriette sudah tidak bingung lagi kan membedakan margarin, mentega, dan roombutter??
Buat yang ingin sharing pengetahuan tentang baking dan ingin dimuat di website kami dapat menghubungi kontak person yang tertera ya!


Terima kasih telah membaca!
Semoga artikel ini bermanfaat ^^