TIMELINE

Gluten Free Class

13 March 2019

Pada tanggal 1 – 2 Maret 2019, Harriette Cakeversity mengadakan kelas Gluten Free untuk pertama kalinya bersama dengan Chef Stella dari First Wish Cakery. Melihat kebutuhan kue – kue spesial yang semakin meningkat, Chef Stella mendedikasikandiri di bidang Gluten Free.
Mari kita bahas sedikit mengenai Gluten Free.

Gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum hasil persilangan, gandum biasa, dan jelai atau barley. Gluten berperan sebagai lem yang membantu merekatkan dan menjaga bentuk makanan. Dengan adanya gluten, adonan/ makanan menjadi lebih elastis dan memberikan tekstur kenyal. Gluten diklaim sebagai penyebab masalah kesehatan pada tubuh karena di tubuh tidak ditemukan enzim yang tepat untuk mencerna protein kompleks pada gluten.

Siapa saja yang tidak bisa mengkonsumsi Gluten?
1. Intoleransi gluten
Intoleransi gluten adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu mencerna protein gluten. Efek samping yang ditimbulkan tergolong cukup ringan. Jika efek sampingnya berat maka orang tersebut sudah tergolong menjadi orang dengan penyakit celiac.

2. Penyakit Celiac
Penyakit celiac merupakan gangguan autoimun dimana oleh tubuhnya, gluten dianggap sebagai zat yang berbahaya yang membuat sistem tubuh menyerang
gluten dan lapisan usus. Efek sampingnya adalah kerusakan dan pembengkakan usus yang juga menimbulkan dampak lain yaitu gangguan perncernaan, anemia, hingga beresiko kekurangan viamin dan mineral karena usus kesulitan menyerap zat gizi. Gejala dapat terlihat dari timbulnya rasa tidak nyaman pada pencernaan, kerusakan jaringan usus kecil, kembung, diare, konstipasi, sakit kepala, kelelahan, ruam kulit, depresi, turun berat badan, dan feses yang berbau busuk.

3. Sensitivitas Gluten non-celiac
Kondisi dimana seseorang tidak didiagnosis dengan penyakin celiac namun mengalami rasa tidak nyaman ketika mengkonsumsi gluten. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah orang tersebut menderita celiac disease atau hanya alergi terhadap gluten.

4. Irritable Bowel Syndrome
Penyakit ini adalah gangguan pencernaan dengan gejala sakit perut, kram, kembung, gas, dan diare.

5. Alergi Gandum
Kondisi ini membuat pasien menderita berbagai macam masalah pencernaan setelah mengkonsumsi gluten. Pada umumnya diderita oleh 1 persen populasi.

6. Penderita Autisme
Pada penderita autisme, gluten dan kasein yang masuk ke tubuh tidak dapat dicerna sepenuhnya yang kemudian akan dianggap sebagai komponen berbahaya oleh otak. Penderita autisme disarankan menjalani diet Gluten Free Casein Free (GFCF).

Belum ada pengobatan tertentu untuk menyembuhkan masalah – masalah di atas sehingga yang dapat dilakukan adalah melakukan diet gluten free.

Kali ini #sahabatHarriette mendapat kesempatan belajar 6 macam resep kue yang gluten free!
Kue – kue tersebut adalah Klepon Pandan Gula Melaka Cake, Red Velvet with Cream Cheese, London Fog with Earl Grey Buttercream, Chocolate Belgium, Carrot Cake, dan Banana Walnut. Nama – nama kuenya terdengar fancy sekali ya! Jadi diet gluten free ga semenyeramkan itu kalau kita belajar mengkreasikan menu bersama sang ahli! Yuk kita lihat foto – foto kegiatan belajar di kelas!


DAY 1 - 1 Maret 2019

 

DAY 2 - 2 Maret 2019


 

Masih banyak #sahabatHarriette yang request untuk dibukakan kelas ini lagi. Apakah kamu juga tertarik belajar kue spesial ini?
Hubungi kami ya! Terima kasih sudah membaca ^^

Sumber :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/gluten-2/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/perlukah-kita-menjalani-diet-gluten-free/